6 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Mengeksplorasi Danau Toba

Danau Toba, Sumatera Utara

What you'll do

Sebagai destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan oleh Kemenpar, Danau Toba adalah salah satu tujuan favorit wisatawan. Tidak hanya mereka yang berasal dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai hal menarik. Tidak hanya nuansa alam, tapi juga budaya, sejarah dan kulinernya yang kaya. Sebelum Anda menyiapkan koper untuk berangkat ke Danau Toba, ada baiknya ketahui terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini. Apa saja?

Your itinerary

1. Rute Menuju Danau Toba

Bagi Anda yang tinggal di Sumatera Utara, rute perjalanan darat ke Danau Toba tentu sudah tidak asing lagi. Tapi jika ingin berangkat lewat transportasi udara, Anda bisa mengambil penerbangan terlebih dahulu dari Bandara Kualanamu ke Banda Ferdinand Lumban Tobing di Sibolga. Karena ini Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Selatan sudah beroperasi, penerbangan langsung dari berbagai kota di Indonesia bisa dipilih untuk sampai ke Danau Toba. Maskapai plat merah, Garuda Indonesia bahkan sudah membuka rute penerbangan langsung dari Singapura untuk memudahkan wisatawan asing. Kalau Anda memilih untuk menuju ke Danau Toba via darat, Anda bisa naik kendaraan roda empat langsung dari Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang. Lewat Tol Tebing Tinggi, perjalanan Kualanamu-Danau Toba hanya 2,5 jam saja. Sementara dari Medan, Anda harus menempuh perjalanan antara 3-4 jam.

2. Pilihan Penginapan

Sebagai destinasi wisata terbaik di Sumatera Utara, pilihan penginapan di Danau Toba juga sangat beragam. Ada banyak sekali pilihan akomodasi yang berada di sekitar Danau Toba. Bahkan ada yang menghadap langsung ke danau. Variasi harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Anda tinggal memilih sesuai bujet saja. Beberapa penginapan populer di sekitar Danau Toba antara lain adalah The Parapat View Hotel, Samosir Cottage Resort, Toba Beach Hotel hingga Hotel Niagara.

3. Destinasi Populer

Seperti yang sudah disinggung di awal artikel, Danau Toba memiliki pilihan atraksi wisata yang beragam. Selain pemandangan danau yang biru, Anda bisa melihat air terjun di beberapa tempat termasuk Air Terjun Naga dan Air Terjun Binanga Bolon. Kalau Anda penggemar wisata hits kekinian, silakan mampir ke Kebun Bunga Sapo Juma Tongging, Puncak Sidiangkat dan Khas Parapat. Untuk wisata sejarah, ada Museum Tomok dan Museum Huta Bolon yang bisa jadi pilihan.

4. Cara Menyeberang ke Samosir

Pulau Samosir merupakan daya tarik yang tidak boleh dilewatkan dari Danau Toba. Pulau vulkanik ini bisa dicapai dengan beberapa cara, tergantung dari mana Anda berangkat. Kalau Anda berada di bagian selatan, Anda bisa berangkat dengan kapal ferry KMP SUMUT II dengan lama perjalanan 45 menit sampai 1 jam. Tapi, rute ini kurang populer karena posisinya cukup jauh dengan destinasi wisata populer di Samosir. Penyeberangan yang paling banyak dipilih adalah penyeberangan dari Pelabuhan Ajibata. Ada kapal cepat dan kapal ferry yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa menyeberang dengan kapal motor sendiri dengan waktu tempuh 30 menit.

5. Wisata Kuliner dan Belanja Oleh-oleh

Wisata ke Danau Toba tentu tak akan lengkap tanpa berburu kuliner enak dan oleh-oleh. Untuk wisata kuliner, ada belasan rumah makan khas setempat yang berada di sekitar kawasan Pelabuhan Ajibata. Bagi Anda yang Muslim, ada baiknya bertanya tentang menu halal terlebih dahulu, ya! Sebelum pulang, sempatkan berbelanja oleh-oleh. Di sekitar danau ada banyak penjual oleh-oleh kaki lima yang bisa Anda sambangi. Sepanjang jalan dari Pelabuhan Tomok sampai ke Rumah Raja Sidauruk juga ada banyak toko suvenir yang menyediakan barang-barang hingga makanan yang bisa dijadikan buah tangan.

6. Larangan di Kawasan Danau Toba

Danau Toba lekat dengan legenda terbentuknya danau tersebut. Tidak heran banyak cerita mistis yang dialami oleh penduduk setempat maupun wisatawan yang datang. Karena itu, pastikan Anda berperilaku sopan dan tidak mengotori tempat yang Anda datangi, ya! Sudah siap untuk bereksplorasi ke Danau Toba? Siapkan tiket, koper dan itinerary Anda dari sekarang, ya!

Sign In