Eksotisme Destinasi di Sekitar Danau Toba untuk Mengisi Liburan

Danau Toba, Sumatera Utara

What you'll do

Pernah berkunjung ke Danau Toba? Danau terbesar di Indonesia ini menawarkan keindahan alam yang memesona. Namun, bukan hanya itu daya tarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Di sekitar Danau Toba, ternyata ada banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati momen terbaik saat liburan ke Danau Toba, kunjungi juga beberapa tempat wisata berikut ini.

Your itinerary

1. Sapo Juma

Pesona Danau Toba semakin lengkap dengan berbagai destinasi wisata lain yang tersebar di sekitarnya. Salah satu tempat menarik yang bisa kamu kunjungi adalah Sapo Juma yang berada di wilayah Tongging, tidak terlalu jauh dari Air Terjun Sipiso-piso yang terkenal itu. Sebenarnya, Sapo Juma merupakan sebuah villa yang menghadap ke Danau Toba. Namun, villa ini banyak didatangi wisatawan karena memiliki taman bunga yang sangat cantik. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan bunga yang berwarna-warni. Selain itu, suasana di sekitar tempat ini juga sangat sejuk sehingga membuat pikiran lebih relaks.

2. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara merupakan alternatif tempat wisata di sekitar Danau Toba yang sangat menarik. Lokasinya di Desa Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Lembah Bakkara yang diapit oleh dua bukti ini adalah tanah kelahiran Sisingamangaraja. Di tempat ini, kamu bisa berkunjung ke situs bangunan cagar budaya Istana Raja Sisingamangaraja. Selain itu, ada pula objek wisata alam berupa air terjun, yaitu Air Terjun Janji dan Air Terjun Sipangolu. Masih dalam kawasan yang sama, ada objek wisata Sipinsur. Dari tempat ini, kamu dapat menyaksikan keindahan Danau Toba di kejauhan.

3. Air Terjun Situmurun

Tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi di sekitar Danau Toba adalah Air Terjun Situmurun. Lokasi tempat wisata ini adalah di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir. Penduduk setempat juga menyebutnya Binangalom. Air terjun setinggi 70 meter ini istimewa karena memiliki tujuh tingkat. Airnya mengalir langsung ke Danau Toba. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan air terjun ini dengan menyewa kapal yang berlayar di sekitar spot tersebut. Pengunjung boleh berenang di sekitar air terjun, tetapi disarankan untuk tidak terlalu dekat karena putarannya sangat kuat.

4. Bukit Holbung

Bukit Holbung merupakan satu dari sekian banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan Danau Toba. Hamparan danau yang indah dilengkapi dengan pemandangan perbukitan di sekitarnya membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tempatnya sangat tenang, jauh dari keramaian sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin relaksasi. Suasana yang masih sejuk juga merupakan salah satu kelebihan tempat ini. Bukit Holbung berada di wilayah Desa Hariarapohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Desa ini berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Pelabuhan Ambarita. Selain Bukit Holbung, kamu juga bisa menyaksikan kemegahan rumah adat Bolon dan Sarkofagus Makam Raja Simarmata di desa ini.

5. Pusuk Buhit

Jika kamu sedang berlibur ke Danau Toba, jangan lupa untuk berkunjung juga ke Pusuk Buhit. Tempat ini sangat terkenal di kalangan wisatawan, khususnya yang pernah datang ke Pulau Samosir. Pusuk Buhit merupakan salah satu puncak bukit di pulau tersebut dengan ketinggian 1.982 mdpl. Dari spot ini, kamu bisa menyaksikan keindahan danau dengan leluasa. Hal yang menarik dari Pusuk Buhit tentu saja adalah keindahan alamnya yang memesona. Perjalanan menuju lokasi diwarnai dengan view yang menakjubkan. Bukan hanya itu, kamu pun dapat mampir di beberapa tempat wisata yang dilewati, misalnya Desa Siboro, Air Terjun Naisogop, Batu Hobon, dan masih banyak lagi. Inilah beberapa destinasi wisata yang terletak di sekitar kawasan Danau Toba. Menarik untuk dijelajahi, bukan? Bagi kamu yang ingin menikmati keindahannya, jangan lupa memasukkan tempat-tempat ini ke dalam rencana perjalanan wisata ke Danau Toba. Selamat berlibur!

Sign In