7 Destinasi Wisata Samosir Danau Toba Hits, Wajib Masuk List!

Danau Toba, Sumatera Utara

What you'll do

Bicara Danau Toba rasanya tidak lengkap tanpa membicarakan Pulau Samosir. Pulau vulkanik yang berada di tengah danau ini memiliki beragam pesona yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda ingin menikmati panorama alam dipadu budaya, sejarah dan kuliner yang menggoda, Samosir adalah tujuan yang sempurna. Simak 7 destinasi yang paling hits di Pulau Samosir berikut ini!

Your itinerary

1. Puncak Sidiangkat

Kalau Anda ingin berburu foto di lokasi yang instagramable, Bukit Sidiangkat adalah salah satu destinasi yang recommended. Berjarak kurang lebih lima jam dari Kota Medan, Anda akan disuguhi panorama menawan dan udara segar dari dalam hutan. Di area wisata ini ada beberapa struktur yang dibuat berbentuk sarang burung berukuran besar. Posisi yang menggantung dan berlatar bukit hijau dan aliran sungai, foto yang diambil di sini pasti akan sangat estetik!

2. Bukit Holbung

Dikenal juga dengan sebutan Bukit Teletubbies, Bukit Holbung adalah tempat yang wajib dikunjungi jika Anda ingin menyaksikan Danau Toba dari ketinggian. Dengan perjalanan trekking kurang lebih 10-15 menit, Anda akan disambut dengan pemandangan danau yang eksotis, lengkap dengan para nelayan yang sedang mencari ikan. Bukit Holbung berada di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Untuk masuk ke sana, Anda akan dimintai biaya masuk sebesar Rp10.000 saja.

3. Desa Tomok

Desa Tomok merupakan destinasi yang wajib masuk daftar kunjungan jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang budaya Batak. Di desa ini kebudayaan Batak masih sangat terjaga. Ditambah panorama air danau yang kebiruan, kunjungan ke Tomok akan membuat liburan Anda ke Danau Toba jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Beberapa tempat menarik yang bisa Anda tuju saat ke Tomok antara lain adalah Museum Tomok dan makam raja-raja Batak. Jangan lupa belanja oleh-oleh sebelum pulang ke rumah, ya!

4. Bukit Simarjarunjung

Selain Bukit Holbung, Bukit Simarjarunjung juga menawarkan pesona lanskap Danau Toba dari ketinggian. Dikelilingi hutan pinus seluas kurang lebih 4.000 meter persegi, Anda juga bisa menikmati beragam wahana rekreasi yang sudah disiapkan oleh pengelola termasuk spot berfoto dan camping ground. Fasilitas di Bukit Simarjarunjung juga terbilang lengkap. Selain ada kamar mandi, Anda juga bisa menemukan tempat ibadah di sini. Libura

5. Desa Lumban Suhi-suhi

Belum puas dengan pesona yang ditawarkan Desa Tomok? Mampirlah ke Desa Lumban Suhi-suhi yang berada di Kecamatan Pangururan. Di sana Anda bisa mengenal lebih jauh tentang kain tenun ulos, kain Batak yang sudah mendunia. Selain melihat aktivitas para pengrajin ulos, Anda juga bisa sekalian berbelanja kain ulos di sini. Harga satu buah kainnya berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

6. Pantai Tanjung Unta

Seperti namanya, pulau ini memiliki bentuk seperti unta. Makanya penduduk sekitar menamainya dengan Pantai Unta. Di pinggirannya ada hamparan pasir putih dengan pohon-pohon berjajar yang menambah kesan asri. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini antara lain adalah waterski, snorkeling, naik perahu sampai memancing ikan. Untuk sampai ke Pantai Tanjung Unta, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 109 kilometer dari Kota Medan lewat Pematang Siantar. Selanjutnya untuk sampai ke area pantai, Anda harus berjalan kaki. Tidak perlu khawatir karena jalanan menuju ke sana cukup aman untuk dilalui.

7. Aek Rangat Pangururan

Lelah setelah berkeliling? Jadikan Aek Rangat Pangururan sebagai destinasi penutup untuk berendam air panas. Objek wisata satu ini berada tepat di bawah Bukit Pusuk Buhit yang masih aktif sehingga menemukan sumber air panas sangat mudah. Terdapat beberapa kolam dengan tingkat suhu panas yang berbeda-beda. Tidak perlu takut kotor karena kolam-kolam yang ada di sini dibuat dengan desain yang modern dengan pengelolaan profesional. Itulah tujuh destinasi wisata hits yang berada di Samosir dan sekitarnya. Jangan lupa buat daftar tempat yang jadi prioritas dan persiapkan perjalanan Anda sekarang juga!

Sign In