Healing di Danau Toba ? Nikmati Keindahan Alam Danau Toba dengan Melakukan 7 Aktivitas Berikut Ini!

Danau Toba, Sumatera Utara

What you'll do

Sumatera Utara merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata. Berkat keindahan alam, budaya dan keunikan karakter penduduk setempat, membuat wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik untuk menghabiskan waktu liburannya disini. Yuk, healing di sekitar Danau Toba dengan melakukan 7 aktivitas berikut ini !

Your itinerary

1. Ngemil di Penatapan Berastagi

Penatapan Berastagi ini terletak di pinggir jalan lintas Medan-Kabanjahe, Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo. Penatapan ini dibuka 24 jam, sehingga para wisatawan tidak perlu takut kelaparan di tengah jalan. Dari lokasi penatapan ini kita dapat menikmati pemandangan alam pegunungan yang indah sambil menikmati secangkir teh, kopi, atau jahe hangat dipadu dengan makanan ringan seperti jagung bakar, makanan instan, wajik yang tentu membuat kita semakin bersemangat untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi selanjutnya.

2. Jalan-Jalan di Desa Sippan

Setelah melalui jalanan berbukit dan juga berkelok, akhirnya kita sampai di Desa Sippan. Desa ini terletak di kecamatan Pamatang Silimahuta, Kabupaten Simalungun. Desa ini terkenal seiring viralnya spot wisata terbaru di Danau Toba yang bernama Wisata Anugrah Indah. Dari lokasi ini kita dapat melihat indahnya Danau Toba, bukit Gundul Sipiso-piso, serta pemukiman warga yang berada di bawah kaki bukit. Tak hanya cocok untuk spot foto, tempat ini juga cocok dijadikan lokasi berkemah dan membuat kita betah untuk bersantai disini.

3. Main Air di Air Terjun Sipiso-Piso

Setelah menikmati indahnya pemandangan Desa Sippan, kita berpindah tempat ke Air Terjun Sipiso-Piso. Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso juga merupakan tempat terbaik menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Dengan tinggi 120 meter, Air Terjun Sipiso-Piso ini menjadi salah-satu air terjun tertinggi yang ada di Karo, dan Sumatera. Selain menikmati dari atas, kita juga bisa menikmati keindahan air terjun dari bawah. Namun untuk bisa merasakan hal tersebut, kita harus melewati ratusan anak tangga. Tapi tenang saja, lelah itu pasti akan terbayarkan karena kita bisa merasakan langsung sejuknya percikan air sekaligus keindahan air terjun yang tinggi.

4. Trekking Santai di Gajah Bobok

Selanjutnya, kita mengunjungi Gajah Bobok yang hanya berjarak 15 menit dari air terjun Sipiso-Piso. Dinamakan Gajah Bobok karena jika bukit ini dilihat dari jalan lintas Kabanjahe - Sidikalang, akan terlihat seperti gajah yang sedang tertidur dengan belalainya. Area perbukitan ini juga dikelilingi oleh beberapa pohon pinus, sehingga tak perlu diragukan lagi indahnya panorama danau toba yang bisa kita saksikan dari sini. Tak hanya itu, lokasi ini juga cocok dijadikan area untuk camping dan paralayang. Salah satu aktivitas yang menantang lainnya adalah trekking menuju puncak Gajah Bobok. Trekking path di sini juga terbilang mudah untuk para pemula karena rutenya mudah untuk ditempuh.

5. Menikmati Pemandangan Alam di Tongging

Berkendara sambil menyusuri jalan yang berkelok-kelok di sepanjang pinggiran bukit menuju Tongging akan memberikan sensasi takjub akan pemandangannya yang mempesona. Saat ini, di Tongging sedang dibangun satu dermaga penyeberangan yang mewah, sebagai penghubung menuju Pulau Samosir. Dari Tongging, kita juga bisa melihat hempasan keindahan air terjun Sipiso-piso yang membelah Desa Tongging dan airnya sampai ke bibir Danau Toba. Kita juga dapat merasakan sensasi makan di atas restoran apung yang menyediakan makanan nasional serta ikan bakar dengan sambalnya yang menggiurkan

6. Camping di Paropo

Setelah puas menikmati pemandangan di Tongging, kita akan menuju Paropo. Selama di perjalanan kita akan melihat lahan pertanian yang biasanya didominasi dengan pohon buah mangga dan bawang merah. Banyak di antara wisatawan yang datang ke sini menyempatkan diri untuk memancing. Tak hanya itu, Paropo ini menjadi salah satu spot camping favorit di kawasan Danau Toba.

7. Menyusuri Tao Silalahi Naik Kapal Nelayan

Selanjutnya kita akan menuju Silalahi. Ada berbagai macam aktifitas yang bisa kita lakukan di tempat ini. Selain hanya duduk dan berenang saja, berputar-putar mengelilingi Tao Silalahi dengan perahu nelayan yang bisa disewa juga menjadi aktivitas yang menyenangkan. Disini juga terdapat Tugu Marga Silalahi, salah satu marga Batak Toba yang kini dapat kita temui hampir di seluruh Indonesia.

Sign In