7 Wisata Hidden Gem Bali, Pesona Pulau Dewata yang Tersembunyi

Denpasar, Bali

What you'll do

Pesona Bali sebagai tempat wisata impian memang sudah tidak diragukan lagi. Pulau Dewata ini memiliki segudang tempat wisata yang seru dan ramah wisatawan. Dari banyaknya tempat wisata menakjubkan di Bali, beberapa bahkan masih jarang dikunjungi. Jika kamu menyukai liburan yang tenang, jauh dari keramaian, dan berkesan, hidden gem wisata Bali ini bisa jadi pilihan tepat.

Your itinerary

1. Secret Beach Nusa Lembongan

Nusa Lembongan atau Pulau Lembongan merupakan sebuah pulau yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Pulau kecil yang berada di tenggara Pulau Bali ini memiliki pantai-pantai yang menarik, seperti Lebaoh (pusat rumput laut), Sunset Beach, Dream Beach, Tanjung Sanghyang, dan masih banyak pantai tersembunyi lainnya. Sebagian besar pantai di Nusa Lembongan berair dangkal dan jernih, sehingga kamu bisa menikmati keindahan karang tanpa perlu peralatan snorkeling. Jika menyukai petualangan, kamu bisa mencoba menjelajah goa alam, rawa-rawa, atau tebing laut Nusa Lembongan.

2. Gili Putih Sumberkima

Hidden gem yang terletak di Desa Sumberkima, Buleleng, Bali ini merupakan sebuah daratan menyerupai pulau kecil yang memiliki luas kurang lebih 500 meter. Pesona Gili Putih Sumberkima terletak pada hamparan pasir putih yang menutupi seluruh pulau dan dikelilingi oleh air laut biru, jernih, serta landai. Jadi, kamu bisa berenang dan snorkeling dengan santai. Gili Putih Sumberkima akan terasa terik di siang hari, karena tidak adanya pepohonan. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pagi atau sore hari, dengan menyewa sebuah perahu.

3. Bukit Molenteng

Bukit Molenteng merupakan salah satu hidden gem dengan pesona menakjubkan yang berada di kawasan Nusa Penida. Untuk mencapai tempat wisata ini, kamu perlu melewati medan bukit yang terjal dan melelahkan. Meski demikian, rasa lelah tersebut akan terbayar dengan keindahan hamparan laut yang bisa kamu saksikan melalui ketinggian Bukit Molenteng. Selain menikmati pemandangan laut, kamu juga bisa menyaksikan keindahan atol yang ada di sekitar bukit ini. Jika ingin bermain air, kamu bisa mampir ke Pantai Atuh yang letaknya tidak jauh dari Bukit Molenteng.

4. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi air terjun ini berada di dataran rendah, sehingga mudah dicapai. Pesona Air Terjun Kanto Lampo terletak pada bentuknya yang berundak-undak, berbeda dari air terjun kebanyakan. Oleh karena bentuknya yang unik ini, Air Terjun Kanto Lampo bisa jadi spot foto yang instagramable. Selain bermain air dan mengambil foto instagenic, kamu juga bisa bermalam dan mendirikan tenda di camping ground yang telah disediakan pengelola wisata.

5. Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan terletak di pesisir Bali Selatan. Tepatnya, di balik tebing karang yang ada di Desa Pecatu, Uluwatu. Pesona Pantai Nunggalan terletak pada kombinasi tebing karang, pasir putih, dan air laut yang biru jernih. Untuk mencapai pantai ini, kamu harus melewati bukit karang terjal sejauh kurang lebih 3 KM. Di Pantai Nunggalan, kamu bisa berenang, berselancar, berjalan-jalan menyusuri pantai atau mengambil foto instagramable di bangkai kapal karam. Setelah lelah, kamu bisa mendirikan kemah untuk beristirahat sambil menikmati deburan ombak.

6. Savana Tianyar

Savana Tianyar merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Karangasem. Wisata hidden gem Bali satu ini menyajikan pemandangan eksotis padang rumput. Terlebih jika kamu berkunjung saat musim kemarau. Kamu akan disambut oleh hamparan rumput yang menguning, berlatar Gunung Agung. Pemandangan ini mirip dengan savana di Afrika. Bedanya, di Savana Tianyar tidak ada binatang buas yang berkeliaran, sehingga kamu bisa menjelajah dengan aman.

7. Air Terjun Peguyangan

Satu lagi hidden gem Nusa Penida yang wajib kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Peguyangan. Air Terjun Peguyangan berada di bawah, dengan ketinggian hampir mendekati permukaan air laut. Untuk mencapai wisata ini, kamu perlu menuruni 870 anak tangga dengan kemiringan hampir 80%. Lokasinya yang ekstrim, menjadikan tempat wisata ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan dan tidak memiliki fobia ketinggian. Di sini kamu bisa menikmati kesegaran air terjun dengan berenang atau berendam di kolam renang alami. Selain menyaksikan air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan laut dan langit biru yang bersih. Jika beruntung, kamu bisa melihat ikan mola atau manta. Nah, demikian 7 wisata hidden gem Bali dengan pesona menakjubkan dan jauh dari keramaian. Kalau kamu membutuhkan liburan ke Bali yang tenang dan tanpa terganggu banyak wisatawan, jangan lupa berkunjung di salah satu wisata hidden gem di atas.

Sign In