4 Alternatif Olahraga Outdoor di Mandalika, Seru!

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

What you'll do

Saat liburan, sebagian wisatawan sengaja menghilangkan aktivitas berolahraga demi menikmati pengalaman rekreasi—berkunjung dari satu tempat ke tempat lain, mencicipi lebih banyak kuliner yang ada, dan lain sebagainya. Namun sebenarnya, ada banyak cara untuk berolahraga dan membuat tubuh tetap aktif bergerak tanpa kehilangan momen seru saat liburan. Kalau kamu sedang di Mandalika Lombok, ada beberapa kegiatan olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa melewatkan eksplorasi alam yang cantik dan jadi daya tarik utama kawasan ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga seru di alam Mandalika Lombok untuk mengisi hari-hari liburanmu dengan cara baru.

Your itinerary

1. Trekking

Jangan salah, Mandalika punya banyak bukit-bukit cantik yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Kamu pun dapat merasakan syahdu dan tenangnya suasana di perbukitan Mandalika dengan trekking. Bukit Selong adalah salah satunya. Begitu mencapai puncak bukit dengan ketinggian 1.800 mdpl, kamu akan disuguhi panorama indah dan megah yang sebanding dengan usaha pendakian. Adapun akses untuk mendaki Bukit Selong telah disediakan anak tangga. Di samping itu, ada Bukit Merese yang jadi kecintaan para wisatawan. Baik saat musim hujan yang membuat hamparan bukit hijau maupun musim kemarau yang membuat hamparan rumput kering menguning, Bukit Merese tidak pernah mengecewakan.

2. Surfing

Sebagai daerah pantai, surfing alias berselancar sudah pasti jadi hal yang tak asing. Di Mandalika, gugusan pantai yang panjang menawarkanmu menikmati laut dengan cara berbeda—cara yang lebih menyenangkan dan menyehatkan. Berselancar adalah salah satunya. Adapun beberapa pantai yang sangat pas untuk kamu eksplor sembari menguji skill dan adrenalin adalah Pantai Seger, Pantai Ubrug, dan Pantai Mawi. Tiga pantai ini mempunyai arus sempurna dan gulungan ombak yang tepat untuk sensasi berselancar lebih baik

3. Berenang

Tak jauh berbeda dengan berselancar, berenang juga jadi aktivitas seru saat mengeksplorasi alam Mandalika Lomok sekaligus berolahraga. Beberapa pantai pun cukup aman menjadi tempat berenang, seperti Tanjung Aan, Pantai Kuta Mandalika, dan masih banyak lainnya. Walau begitu, perhatikan bagaimana kondisi air laut. Jika terlalu pasang, maka jangan makin menjauh dari kawasan pinggir pantai. Pastikan kamu masih berada di jangkauan pengamatan orang lain untuk meminimalkan beberapa risiko yang mungkin terjadi. Selain berenang, snorkeling juga bisa kamu lakukan. Cantiknya kekayaan bawah laut Mandalika terlalu sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Kamu pun bisa mendaftar dan menyewa alat pada usaha snorkeling lokal daripada harus membawa sendiri milikmu.

4. Jogging

Olahraga sederhana ini bisa kamu lakukan saat sedang berlibur di mana saja—termasuk saat berada di Mandalika. Asyiknya lagi, selain berlari di jalan beraspal, kamu bisa menambah tantangan dengan berlari di pinggir pantai sembari menikmati musik alami dari deburan ombak dan angin yang ditiupkan. Kalau tak ingin terlalu panas, kamu bisa jogging sembari menjemput sunrise dan mengantarkan sunset di balik luasnya bentangan air laut. Beberapa pantai (biasanya yang masuk dalam kawasan khusus) juga menyediakan jogging track. Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di sela-sela berlibur di Mandalika Lombok. Daripada terus menunggu di dalam kamar penginapan atau pergi menjelajahi kota dan pulau dengan kendaraan, ada baiknya untuk tetap menjaga kesehatan meski saat liburan. Agar tak terasa berat, pastikan kamu memilih jenis olahraga yang paling tepat sesuai kesuakaan dan kenyamananmu. Beberapa perlengkapan pribadi (misal: pakaian olahraga dan sepatu) juga sebaiknya kamu siapkan sejak awal, kecuali beberapa perlengkapan seperti snorkeling yang dapat kamu sewa saat berada di destinasi. Jadi, siapa bilang liburan harus serba nyaman tanpa peduli soal kesehatan? Yuk, eksplor sudut-sudut eksotis Mandalika Lombok dengan kegiatan outdoor yang paling asyik untuk kamu ikuti!

Sign In