3 Hari 2 Malam Explore Labuan Bajo

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

What you'll do

Labuan Bajo yang dulunya adalah desa nelayan kecil, kini telah dikenal sebagai pusat wisata bagi para wisatawan dan juga pusat pemerintahan bagi wilayah sekitarnya. Berlokasi di ujung barat Flores, Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo merupakan kota dengan daratan yang indah dan memukau, serta rumah bagi Pulau Komodo. Pulau Komodo sendiri terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam terbaru melalui New 7 Wonders Foundation pada tahun 2012. Selain menjadi habitat asli spesies reptil purba tertua di dunia, Pulau Komodo memiliki kawasan yang masih terjaga alamnya Berikut itinerary atau rencana perjalanan 3 hari 2 malam di Labuan Bajo:

Your itinerary

1. HARI PERTAMA : TOUR DARAT (09.30 Tiba di Labuan Bajo)

Kita akan tiba di Bandar Udara Komodo pada pukul 09.30 pagi agar kita dapat menjelajahi Labuan Bajo lebih pagi dan lebih leluasa.

2. 10.00 - 11.00 Goa Rangko

Goa Rangko adalah gua yang sunyi dengan kolam yang berisi air payau yang tenang dan belum terjamah. Gua ini berlokasi di Desa Rangko, Nusa Tenggara Timur dan berjarak satu jam dari Bandara; kurang lebih 50 menit dari total waktu perjalanan menggunakan kendaraan melewati kampung-kampung nelayan menuju pelabuhan, selanjutnya menyebrang dengan kapal nelayan yang memakan waktu kurang lebih 10 menit. Jam berkunjung terbaik disini adalah pukul 13.00 - 14.00 siang karena sorot matahari yang masuk ke dalam gua. Kita bisa berenang di dalam kolam yang ada di dalam gua dan merasakan ketenangan suasana gua sambil menyelam. Sembari menikmati indahnya Goa Rangko, kita akan makan siang dengan lunch box yang sudah disediakan karena tidak ada satupun orang berjualan disini.

3. 16.30 - 18.00 Sunset di Bukit Cinta

Dirasa cukup bermain air di Goa Rangko, kita akan kembali melakukan perjalanan yang sama dengan kapal nelayan dan menggunakan kendaraan kurang lebih satu jam untuk tiba di spot sunset di hari ini, yaitu Bukit Cinta. Bukit indah yang awalnya tak punya nama ini diberi nama Bukit Cinta karena banyak orang berpasangan datang untuk sekedar mengobrol dan juga berfoto dengan pemandangan bahari dan pesona yang berbeda yang membuat wisatawan ingin kembali lagi kesini.

4. 18.30 Check In Ayana Komodo Resort

Dirasa cukup menikmati sunset, perjalanan dilanjutkan menuju Ayana Komodo Resort dengan waktu kurang lebih 10 menit. Kita akan menikmati hotel mewah kelas dunia yang lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Hotel ini juga menawarkan pemandangan Labuan Bajo yang dapat kita nikmati melalui kamar kita.

5. HARI KEDUA : Island Tour 1 Hari Menggunakan Private Boat (07.00 - 08.00 Pulau Padar )

Di hari kedua, kita akan menjelajahi pulau-pulau di Labuan Bajo menggunakan private boat. Kita bisa mengikuti program open trip dengan kapasitas maksimal 40 orang dalam satu fast boat ataupun kita dapat menyewa fast boat pribadi. Keberangkatan dimulai pada pukul 05.00 pagi agar bisa menikmati banyak lokasi. Berikut destinasi satu hari di Pulau Komodo menggunakan private boat: Perjalanan ditempuh selama satu jam dari pelabuhan menuju Pulau Padar. Pulau ini adalah pulau ketiga terbesar setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Selain itu, pulau ini juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena berada di dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Keindahan pulau yang dipadu dengan pemandangan laut yang luas dapat menjadi latar foto yang menakjubkan.

6. 09.00 - 10.00 Pulau Komodo

Usai menikmati pemandangan yang indah sambil berburu foto di Pulau Padar, pulau kedua yang kita kunjungi adalah Pulau Komodo yang merupakan rumah bagi sekitar 2.500 komodo. Disini kita dapat melihat hewan komodo secara langsung, berkeliling pulau dengan ditemani seorang ranger.

7. 11.00 - 12.00 Pink Beach

Pulau berikutnya adalah Pink Beach. Pink Beach, or Pantai Merah, adalah salah satu dari tujuh pantai merah di dunia ini, yang menjadi salah satu keistimewaan dari Pulau Komodo. Pantai yang luar biasa ini bisa berwarna merah muda karena adanya binatang kecil dan cenderung mikroskopik bernama Foraminifera yang menghasilkan pigmen berwarna merah pada terumbu karang. Disini kita dapat berfoto di sepanjang pantai, berenang di tepian pantai dan juga makan siang lunch box yang sudah disiapkan.

8. 13.00 - 14.00 Pulau Taka Makassar

Pulau berikutnya adalah Pulau Taka Makassar yang berjarak satu jam menggunakan fast boat dari Pink Beach. Pulau Taka Makassar adalah pulau timbul berbentuk angka 9 yang terbentuk dari karang mati dan diselimuti pasir putih. Selain berfoto, kita dapat berenang-renang maupun snorkeling.

9. 15.00 - 16.00 Manta Point

Destinasi terakhir yang akan kita kunjungi adalah Manta Point. Spot snorkeling terbaik dengan lanskap bawah laut yang menakjubkan.

10. 17.00 Perjalanan ke Hotel

Perjalanan menuju pelabuhan kurang lebih ditempuh satu jam. Setibanya di pelabuhan, kita akan langsung menuju hotel, makan malam dan istirahat.

11. HARI KETIGA (06.30 - 08.00 Breakfast by the Sea)

Hari terakhir di Labuan Bajo, kita akan menikmati fasilitas mewah yang disediakan hotel. Kita akan merasakan sarapan yang memanjakan lidah sambil menikmati pemandangan laut yang menenangkan.

12. 13.00 - 14.00 Belanja Oleh-Oleh di Toko Souvenir

Setelah puas menikmati fasilitas yang ada di hotel, saatnya kita melakukan proses check out pada pukul 12.00 siang. Lalu, kita akan singgah di salah satu pusat oleh-oleh yang berjarak hanya tujuh menit dari hotel dan tiga menit menuju bandara. Oleh-oleh khas Labuan Bajo yang dapat kamu bawa pulang di antaranya ialah Kopi Manggarai dan Kain Songket.

Sign In