Jangan Lewatkan Kuliner Khas Singkawang yang Cocok Disantap saat Tahun Baru Imlek

Singkawang, Kalimantan Barat

What you'll do

Saat Imlek identik dengan kemeriahan dari perayaan dan festival khas etnik Tionghoa, terlepas dari kemeriahan tersebut, berbagai kuliner khas Singkawang yang cocok dicicip saat tahun baru Imlek juga banyak dijumpai. Kuliner ini cukup digemari oleh masyarakat Singkawang ataupun dari luar kota.

Your itinerary

1. Mie Tiaw Asuk

Asuk diambil dari bahasa Tionghoa Hakka artinya Paman. Mie yang berbahan dasar mie besar dan campuran sayur kecambah, telur, kecap, perasan jeruk serta daun cangkok manis ini cukup digemari oleh masyarakat Singkawang maupun dari luar kota.

2. Bubur Gunting Antasari

Berkunjung ke Singkawan jangan melewatkan kuliner enak lainnya yaitu Bubur Gunting tepatnya yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 58-56, Pasiran, Singkawang Barat. Bubur Gunting terbuat dari kacang hijau, air gula, tepung kanji kental, daun pandan dan cakwe kering. Bubur Gunting ini biasanya menjadi alternatif untuk sarapan warga di Singkawang.

3. Rujak Thai Pui Jie

Mendengar kata rujak tidak asing lagi untuk kuliner khas di Indonesia, rujak biasanya merupakan potongan buah-buahan dicampur dengan gula merah, berbeda halnya dengan rujak yang ada di Singkawang. Singkawang memiliki rujak Thai Pui Jie yang berbahan dasar udang ebi dan terasi disajikan dengan kerupuk emping melinjo. Untuk harga rujak Thai Pui Jie terbilang lebih tinggi dibandingkan rujak-rujak lain yang dijual di Singkawang. Meskipun begitu kuliner ini tetap diburu oleh banyak pelanggan.

4. Bubur Pedas Bendahre

Jika berkunjung ke Singkawang, jangan lewatkan untuk mencicipi bubur Pedas Bendahre. Bubur berwarna keabu-abuan ini memiliki cita rasa yang berbeda di setiap lidah orang yang menyantapnya. Namun yang pasti, bubur ini memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat. Untuk pembuatan bubur ini, berasnya disangrai terlebih dahulu sebelum ditanak, jadi warna bubur ini jadi agak sedikit hitam. Kemudian campurannya menggunakan daun kesum yang mengeluarkan rasa seperti mint. Dan diberikan taburan ikan teri goreng dan kacang goreng serta ditambahkan perasan jeruk nipis. Biasanya orang menyantap dengan dipadukan es Shanghai yang sangat segar, sehingga cocok untuk udara panas di SIngkawang. Kuliner-kuliner tersebut dapat dijumpai dengan mudah ketika berkunjung ke Singkawang. Selain unik dan harganya yang terjangkau, juga memiliki cita rasa yang khas sehingga kuliner tersebut tidak boleh terlewatkan untuk dicobain ketika Imlek di Singkawang.

Sign In